Jilbab Punuk Unta, Trend Salah Bagi Wanita Muslim

Zaman pun semakin lama semakin mengalami perkembangan, tidak hanya dalam bidang fashion, melainkan dalam dunia fashionFashion wanita adalah salah satu fashion yang terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Salah satunya adalah mengenai fashion muslim. Berbagai mode dan juga tren busana muslim, mulai dari motif pakaian hingga cara berpakaian. Wanita muslim yang mengenakan hijab semakin lama semakin bertambah, itulah yang menyebabkan perkembangan motif hingga model hijab semakin lama semakin berkembang, termasuk model jilbab gaul.

Sebagai muslimah, memakai hijab adalah salah satu cara memenuhi kewajiban untuk menutup auratnya. Penggunaan hijab pun langsung diperintahkan oleh Allah, dan telah ditentukan sesuai dengan syariat Islam. Ada banyak model cara berhijab yang sekarang ini menjadi trend bagi kalangan wanita berhijab, salah satunya adalah model hijab punuk unta. Model jilbab ini yaitu menggunakan hijab tetapi terdapat tonjolan dibelakangnya seperti punuk unta. Tonjolan itu pun dapat berupa rambut yang digelung maupun sesuatu sebagai pengganti rambut agar terdapat tonjolan tersebut. Penggunaan hijab dalam Islam telah jelas diatur dalam Al-Quran, sehingga kita sebagai wanita muslim harus mengikuti segala aturan tersebut.

Penggunaan jilbab punuk unta pun tertulis dalam hadits dan diatur dengan ketentuan Islam, seperti berikut ini.

مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا
۞رواه أحمد ومسلم في الصحيح ۞

“Ada dua golongan penduduk neraka yang belum aku melihat keduanya yaitu kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi untuk mencambuk manusia (maksudnya penguasa yang dzalim), dan perempuan-perempuan yang berpakaian tapi telanjang, cenderung kepada kemaksiatan dan membuat orang lain juga cenderung kepada kemaksiatan. Kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang berlenggak-lenggok. Mereka tidak masuk surga dan tidak mencium bau wanginya. Padahal bau wangi surga itu tercium dari jarak perjalanan sekian dan sekian waktu (jarak jauh sekali),” (HR. Muslim dan yang lain)

Dalam hadits diatas jelas bahwa wanita-wanita yang menggunakan model hijab ini termasuk pada golongan-golongan orang yang merugi di akhirat nanti. Mereka bahkan tidak akan bisa mencium bau surga padahal baunya pun tercium dari jarak yang jauh sekali. Tapi, itu adalah ketetapan yang sudah ditentukan oleh Allah akibat dari kelakuan mereka sendiri. Kebanyakan wanita muslim bangga dengan apa yang mereka kenakan, padahal itu adalah salah satu perbuatan yang menjauhkan mereka dari surga.

Selain itu, penggunaan jenis jilbab ini pun telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW sebelum terjadi. Salah satu tanda akhir zaman adalah banyak wanita yang menggunakan hijab jenis punuk unta. Allah langsung memberi kabar kepada Nabi Muhammada SAW dan ternyata sekarang sudah banyak terjadi di kalangan wanita muslim. Banyak wanita muslim yang menjadikan pemakaian hijab ini menjadi trend terkini, dan mereka dengan percaya diri menggunakannya.

Selain tidak menggunakan hijab dengan jenis seperti ini, para wanita muslim pun diharuskan tidak menggunakan pakaian mereka tidak membentuk bagian tubuh atau sesuatu dari tubuh wanita tersebut, oleh karena itu tidak boleh bagi seorang wanita menggelung rambutnya dibelakang kepalanya atau disampingnya yang akan menonjol seperti itu, sehingga tampaklah penglihatan orang, walaupun tanpa sengaja bahwa itu adalah rambut yang lebat atau pendek. Jika kamu berniat menggunakan hijab maka sebaiknya menggunakan hijab sesuai dengan syariat yang telah ditentukan.

Untuk itu, kewajiban kita sebagai sesama muslim ialah saling mengingatkan. Jadi, apabila kita melihat seseorang menggunakan hijab dengan model seperti itu, alangkah baiknya kita mengingatkannya. Karena, boleh jadi mereka tidak mengetahui hal ini. Semoga kita semua tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang yang merugi. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *