Jenis-jenis Kain Sifon yang Biasa Disulap Menjadi Jilbab Sifon

Tipis dan cenderung menerawang namun bersifat flowy. Itulah kain sifon yang banyak dipakai menjadi jilbab. Kebanyakan jilbab syari dibuat dengan bahan sifon karena bahannya bersifat jatuh. Namun penggunaan bahan sifon untuk jilbab syari selalu dilapis dua agar tak menerawang dan bisa menutup aurat dengan baik.

Jilbab sifon dibuat dari kain sifon dengan bahan yang beragam. Untuk jilbab ada kain sifon bahan katun yang nyaman dan tak mudah goyah kala dikenakan. Ada pula bahan sutera yang bisa menampilkan kesan elegan. Lalu ada juga sifon berbahan campuran poliester dan sutera yang membuat jilbab berkesan elastis namun lebih kuat. Mari kenali lebih lanjut beragam bahan sifon untuk jilbab.

Sifon Serat Sintetis

Sebagai informasi, sifon dari serat sintetis adalah yang paling banyak dijumpai. Ini karena harganya murah sehingga paling sering dibuat untuk produksi jilbab. Sifon serat sintetis ini juga terdiri dari aneka ragam kain loh.

Ada poliester sifon yang terbukti kuat dan mudah dirawat namun sulit diwarnai. Ada juga rayon sifon yang berkualitas paling baik. Di luar itu ada lagi nilon sifon yang berbahan serat buatan namun memberi kesan jatuh bak kain sutera. Dan terakhir ada blend sifon yang memadukan kain sutera dengan kain poliester. Kainnya berkesan kuat namun berkilau sehingga bisa leluasa dikreasikan.

Sifon Serat Alami

Bahan kain dari serat alami umumnya berkesan lebih halus dan lebih berkualitas. Namun kain berserat alami ini membutuhkan pemeliharaan lebih intensif. Selain itu kain serat alami cenderung berharga lebih mahal. Contoh dari kain serat alami adalah sutera.

Kain sifon dengan bahan utama kain sutera pastinya dianggap paling berkualitas. Berkesan ringan dan jatuh kainnya juga lembut dan luwes. Kain ini mudah sobek sehingga butuh perawatan khusus untuk membuatnya awet.

Katun juga merupakan bahan serat alami lainnya. Sifon dari katun memiliki keunggulan pada daya serap yang tinggi. Selain itu untuk merawatnya pun tak serumit merawat sifon dari sutera.

Blend Chiffon

Kain sifon juga ada yang berbahan dasar campuran. Umumnya kain sifon campuran disebut blend chiffon. Kain ini lebih elastis kala dipakai dengan kesan lebih berkilau dan lebih kuat. Untuk harganya kain blend chiffon ini masih lebih murah dibanding sifon sutera.

Blend chiffon berbahan kain sutera dan poliester. Kombinasi dua bahan tersebut membuat jilbab bahan blend chiffon menjadi primadona. Kelebihan sutera yakni bahan lembut dan adem dipakai ada pada blend chiffon. Selain itu kelebihan poliester yang mudah dikreasikan dan bahan kain sedikit tebal membuat kain blend chiffon memiliki banyak keunggulan dibanding kain sifon lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *